Inilah 5 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Favorit Para Wisatawan

Inilah 5 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Favorit Para Wisatawan

Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo – Berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang afdol kalau belum membeli sesuatu yang khas dari daerah tersebut. Sebagai daerah destinasi wisata premium, Labuan Bajo menjanjikan sesuatu yang lebih dari destinasi wisata lainnya di Indonesia. Selain diberikan kekayaan alam yang begitu indah, ada banyak oleh-oleh khas Labuan Bajo yang sayang sekali untuk tidak dibawa pulang.

Dari dulu oleh-oleh memang tidak pernah bisa dipisahkan dari kegiatan traveling atau liburan, untuk itu pada artikel ini kami akan memberikan sedikit rekomendasi oleh-oleh khas Labuan Bajo favorit para turis.

1. Rebok

Oleh-oleh khas Labuan Bajo yang pertama adalah Rebok. Rebok adalah makanan tradisonal yang biasanya disuguhkan kepada tamu pada acara adat ataupun sebagai cemilan jika ada tamu yang datang ke rumah. Rebok bisa dinikmati dengan langsung memakannya ataupun mencampurnya dengan alpukat dan roti tawar.

Makanan khas orang Manggarai yang berada di bagian barat pulau Flores ini terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut yang digongseng sehingga cemilan ini berbentuk bubuk dengan cita rasa yang agak mirip dengan sagon. Oleh-oleh khas Labuan Bajo ini dapat kamu jumpai di pusat oleh-oleh yang banyak tersebar di setiap sudut Labuan Bajo.

2. Roti Kompyang

Oleh-oleh khas Labuan Bajo yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Roti Kompyang. Kalau dilihat sekilas, roti ini memang mirip dengan bakpia namun polos tanpa isian dan ada tambahan biji wijen di atasnya. Roti ini memiliki tekstur yang agak keras dengan aroma khas yang berasal dari taburan biji wijen.

Meskipun bukan makanan khas dari Labuan Bajo, menyantap Roti Kompyang seakan sudah menjadi kewajiban bagi para turis yang mengunjungi Labuan Bajo. Untuk bisa menikmati roti berbentuk oval ini, para wisatawan bisa membelinya di Toko Roti & Kue Theresa ataupun pusat oleh-oleh lain di sekitar Labuan Bajo dengan harga mulai dari Rp 1.000 perbiji. Biasanya roti ini paling nikmat disantap di teras rumah sambil ditemani secangkir teh ataupun kopi.

3. Ikan Cara

Sebagai daerah yang sebagian penduduknya bekerja sebagai nelayan, tidak mengherankan kalau Ikan Cara menjadi oleh-oleh khas Labuan Bajo. Ikan Cara sendiri adalah jenis ikan yang banyak ditemui di perairan NTT. Namun sebelum dijadikan oleh-oleh khas Labuan Bajo, Ikan Cara sebelumnya akan diolah menjadi ikan asin yang nantinya akan diikat menggunakan tali dari bambu dan siap untuk dipasarkan.

Dari tampilannya, oleh-oleh laut khas Labuan Bajo ini berbentuk tipis kering dan paling enak disajikan dengan cara digoreng dan disantap bersama sambal terasi dan nasi putih hangat.

4. Kopi Manggarai

Sebelum bernama Kopi Manggarai, oleh-oleh khas Labuan Bajo ini dulunya dikenal sebagai Kopi Flores. Dan merupakan salah satu jenis kopi asal Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara karena rasa dan aromanya yang mantap. Untuk Kopi Manggarai Arabika, rasanya asam seperti lemon dengan aroma yang tentunya tidak mengecewakan. Sedangkan untuk Arabika, kopinya halus dan ada sedikit sensasi mint pada setiap seruputnya.

Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas Labuan Bajo yang satu ini tidaklah sulit, karena di setiap pusat oleh-oleh ataupun minimarket tersedia Kopi Manggarai dengan merk dan kemasan yang bermacam-macam.

5. Kain Songke, Baju Chomabee, dan Kerajinan Tangan

Oleh-oleh khas Labuan Bajo favorit turis selanjutnya adalah macam-macam kerajinan tangan seperti gelang mutiara, kalung mutiara, sampai cincin. Kain Songke merupakan kain tenun asli Flores lebih tepatnya daerah Manggarai. Biasanya kain ini dikenakan sebagai pakaian adat oleh penduduk asli Manggarai. Karena kain ini masih dibuat secara tradisional, harganya pun terbilang cukup mahal yakni mulai dari Rp 500.000 sampai jutaan rupiah untuk Kain Songke dengan kualitas premium, tapi harga tersebut sebanding dengan proses pembuatannya yang cukup memakan waktu.

Buat kamu yang ingin membeli Kain Songke dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas Labuan Bajo bisa mengunjungi Exotic Komodo Souvenir Shop yang terletak di Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu untuk kamu yang ingin mencari oleh-oleh khas Labuan Bajo berupa kaos, mungkin bisa mencoba mengunjungi toko baju Comabee yang berlokasi di Jalan Pantai Pede Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Di toko ini kamu bisa menjumpai baju khas Labuan Bajo dengan tampilan berupa kata-kata berbahasa Manggarai. Selan itu di toko ini juga tersedia sovenir lain khas Labuan Bajo.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh dari Labuan Bajo yang kami rekomendasikan untuk kamu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *